Contoh RPP Gerak Melingkar dan Gerak Parabola

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Fisika
Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Mengkendek
Kelas/Semester            : X/I
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Pertemuan ke              : I
A.    Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar menggunakan vektor

B.     Indikator
l  Memahami konsep gerak melingkar
l  Menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan gerak melingkar
                  
C.    Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber      :  Buku fisika untuk SMA kelas X
                    
D.   Materi Ajar
1.      Gerak melingkar
2.      Gerak melingkar pada roda yang bersinggungan

E.     Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran       : Kooperatif
Model Pembelajaran         : Think Pair Share (TPS)
F.     Media pembelajaran
1.      Laptop
2.      LCD
3.      Materi dalam bentuk macromedia flash
4.      Flashdisk
5.      Papan tulis
6.      Alat tulis



G.    Langkah Pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Keterangan
1
Tahap awal
·         Presensi siswa
·         Penjelasan tentang indikator yang ingin dicapai
·         Penjelasan model pembelajaran TPS yang akan digunakan
·         Membangkitkan motivasi belajar

10 menit
·         Pemberian motivasi

2
Tahap inti
·         Apersepsi tentang gerak melingkar yang dibimbing oleh guru
Tahap Think (Berfikir)
·         Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan dengan tujuan untuk mengingatkan konsep-konsep gerak melingkar
·         Siswa diberi pertanyaan pengembangan untuk memberikan informasi lebih lanjut
·         Pemberian Lembar Kerja Siswa (LKPD)
·         Siswa memikirkan dan memahami soal-soal yang  diajukan guru yang terdapat dalam LKPD sebanyak satu soal secara individu
·         Siswa mencoba mengerjakan secara individu soal nomor 1  dalam LKPD
·         Masing-masing siswa mempersiapkan jawaban hasil pemikirannya sendiri
Tahap Pair (Berpasangan)
·         Setiap siswa berpasangan sesuai dengan yang sudah ditentukan untuk mendiskusikan soal nomor 1 yang terdapat dalam LKS
·         Siswa berdiskusi aktif untuk mendapatkan kesempurnaan jawaban
·         Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan
Tahap Share (Berbagi)
·         Salah satu kelompok yang dipilih secara acak oleh guru mempresentasikan penyelesaian nomor 1
·         Secara klasikal, siswa menanggapi dengan memberi sanggahan atau pertanyaan kepada kelompok yang presentasi
·         Kelompok yang mempunyai jawaban yang berbeda akan mempresentasikan hasil diskusinya
·         Guru bersama siswa membahas hasil diskusi kelas

(70 menit)


20 menit















15  menit








35 menit



·         Belajar individu (tahap think)













·         Diskusi kelompok (tahap pair)






·         Diskusi kelas (tahap share)

3
Tahap penutup
·         Refleksi (kesan dan respon siswa terhadap pembelajaran yang baru dialami serta tanggapan guru terhadap respon dan kesan siswa)
·         Tanya jawab siswa jika masih ada yang belum dipahami
10 menit
·         Refleksi
·         Tanya jawab

H.    Penilaian
1.      Penilaian Proses: Aktifitas individual dan keaktifan dalam kelompok
2.      Penilaian hasil: Tugas individu,  Tugas  kelompok




                                                              Tana Toraja, ......................
    Mahasiswa


                                                                      BARTO
                                                      


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Fisika
Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Mengkendek
Kelas/Semester            : X/I
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Pertemuan ke              : 2
A.    Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar menggunakan vektor

B.     Indikator
l  Memahami konsep gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari
l  Mampu menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari
                  
C.    Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber      :  Buku fisika untuk SMA kelas X
                     LKS (Lembar Kerja Siswa)
D.   Materi Ajar
1.        Gerak parabola

E.     Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran       : Kooperatif
Model Pembelajaran         : Think Pair Share (TPS)
F.     Media pembelajaran
1.      Laptop
2.      LCD
3.      Flashdisk
4.      Papantulis
5.      Alattulis





G.    Langkah Pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Keterangan
1
Tahap awal
a.       Presensi siswa
b.       Penjelasan tentang indikator yang ingin dicapai
c.        Membangkitkan motivasi belajar

10 menit
d.       Pemberian motivasi

2
Tahap inti
e.        Apersepsi tentang gerak parabola yang dibimbing oleh guru
Tahap Think (Berfikir)
f.        Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan dengan tujuan untuk mengingatkan konsep-konsep gerak parabola
g.        Siswa diberi pertanyaan pengembangan untuk memberikan informasi lebih lanjut
h.       Pemberian Lembar Kerja Siswa (LKPD)
i.         Siswa memikirkan dan memahami soal-soal yang  diajukan guru yang terdapat dalam LKPD sebanyak satu soal secara individu
j.         Siswa mencoba mengerjakan secara individu soal nomor 1
k.       Masing-masing siswa mempersiapkan jawaban hasil pemikirannya sendiri
Tahap Pair (Berpasangan)
l.         Setiap siswa berpasangan sesuai dengan yang sudah ditentukan untuk mendiskusikan soal nomor 1 yang terdapat dalam LKPD
m.     Siswa berdiskusi aktif untuk mendapatkan kesempurnaan jawaban
n.       Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan
Tahap Share (Berbagi)
o.       Salah satu kelompok yang dipilih secara acak oleh guru mempresentasikan penyelesaian nomor 1
p.       Secara klasikal, siswa menanggapi dengan memberi sanggahan atau pertanyaan kepada kelompok yang presentasi
q.       Kelompok yang mempunyai jawaban yang berbeda akan mempresentasikan hasil diskusinya
r.         Guru bersama siswa membahas hasil diskusi kelas

(70 menit)


20 menit















15  menit








35 menit



·         Belajar individu (tahap think)













·         Diskusi kelompok (tahap pair)






·         Diskusi kelas (tahap share)

3
Tahap penutup
·         Refleksi (kesan dan respon siswa terhadap pembelajaran yang baru dialami serta tanggapan guru terhadap respon dan kesan siswa)
s.        Tanya jawab siswa jika masih ada yang belum dipahami
10 menit
·         Refleksi
·         Tanya jawab

H.    Penilaian
1.      Penilaian Proses: Aktifitas individual dan keaktifan dalam kelompok
2.      Penilaian hasil: Tugas individu,  Tugas  kelompok




                                                              Tana Toraja,................
    Mahasiswa


                                                                      BARTO
                                                      


Comments

Popular Posts