Contoh RPP Gerak Melingkar dan Gerak Parabola
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Fisika
Nama Sekolah : SMA
Negeri 2 Mengkendek
Kelas/Semester :
X/I
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Pertemuan ke :
I
A.
Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar menggunakan vektor
B.
Indikator
l Memahami konsep gerak melingkar
l Menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan
gerak melingkar
C.
Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber : Buku fisika untuk SMA kelas X
D.
Materi Ajar
1. Gerak melingkar
2. Gerak melingkar pada
roda yang bersinggungan
E.
Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Kooperatif
Model Pembelajaran : Think Pair Share (TPS)
F.
Media pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Materi dalam bentuk macromedia flash
4. Flashdisk
5. Papan tulis
6. Alat tulis
G.
Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Tahap awal
·
Presensi siswa
·
Penjelasan tentang indikator yang ingin dicapai
·
Penjelasan model pembelajaran TPS yang akan
digunakan
·
Membangkitkan motivasi belajar
|
10 menit
|
·
Pemberian motivasi
|
2
|
Tahap inti
·
Apersepsi tentang gerak melingkar yang dibimbing
oleh guru
Tahap Think (Berfikir)
·
Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan dengan tujuan
untuk mengingatkan konsep-konsep gerak melingkar
·
Siswa diberi pertanyaan pengembangan untuk
memberikan informasi lebih lanjut
·
Pemberian Lembar Kerja Siswa
(LKPD)
·
Siswa memikirkan dan memahami soal-soal yang diajukan guru yang terdapat dalam LKPD
sebanyak satu soal secara
individu
·
Siswa mencoba mengerjakan secara individu soal
nomor 1 dalam LKPD
·
Masing-masing siswa mempersiapkan jawaban hasil
pemikirannya sendiri
Tahap Pair
(Berpasangan)
·
Setiap siswa berpasangan sesuai dengan yang sudah
ditentukan untuk mendiskusikan soal nomor 1 yang terdapat dalam LKS
·
Siswa berdiskusi aktif untuk mendapatkan
kesempurnaan jawaban
·
Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi dalam
bentuk tulisan
Tahap Share
(Berbagi)
·
Salah satu kelompok yang dipilih secara acak oleh
guru mempresentasikan penyelesaian nomor 1
·
Secara klasikal, siswa menanggapi dengan memberi
sanggahan atau pertanyaan kepada kelompok yang presentasi
·
Kelompok yang mempunyai jawaban yang berbeda akan
mempresentasikan hasil diskusinya
·
Guru bersama siswa membahas hasil diskusi kelas
|
(70 menit)
20 menit
15 menit
35 menit
|
·
Belajar individu (tahap
think)
·
Diskusi kelompok (tahap pair)
·
Diskusi kelas (tahap share)
|
3
|
Tahap penutup
·
Refleksi (kesan dan
respon siswa terhadap pembelajaran yang baru dialami serta tanggapan guru terhadap respon dan kesan siswa)
·
Tanya jawab siswa jika
masih ada yang belum dipahami
|
10 menit
|
·
Refleksi
·
Tanya jawab
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian Proses: Aktifitas individual
dan keaktifan dalam kelompok
2.
Penilaian hasil: Tugas individu, Tugas
kelompok
Tana Toraja, ......................
Mahasiswa
BARTO
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Fisika
Nama Sekolah : SMA
Negeri 2 Mengkendek
Kelas/Semester :
X/I
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Pertemuan ke :
2
A.
Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar menggunakan vektor
B.
Indikator
l Memahami konsep gerak parabola dalam
kehidupan sehari-hari
l Mampu menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari
C.
Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber : Buku fisika untuk SMA kelas X
LKS (Lembar Kerja Siswa)
D.
Materi Ajar
1.
Gerak
parabola
E.
Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Kooperatif
Model Pembelajaran : Think Pair Share (TPS)
F.
Media pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Flashdisk
4. Papantulis
5. Alattulis
G.
Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Tahap awal
a.
Presensi siswa
b.
Penjelasan tentang indikator yang ingin dicapai
c.
Membangkitkan motivasi belajar
|
10 menit
|
d.
Pemberian motivasi
|
2
|
Tahap inti
e.
Apersepsi tentang gerak parabola yang dibimbing
oleh guru
Tahap Think (Berfikir)
f.
Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan dengan tujuan
untuk mengingatkan konsep-konsep gerak parabola
g.
Siswa diberi pertanyaan pengembangan untuk
memberikan informasi lebih lanjut
h.
Pemberian Lembar Kerja Siswa (LKPD)
i.
Siswa memikirkan dan memahami soal-soal yang diajukan guru yang terdapat dalam LKPD
sebanyak satu soal secara
individu
j.
Siswa mencoba mengerjakan secara individu soal nomor
1
k.
Masing-masing siswa mempersiapkan jawaban hasil
pemikirannya sendiri
Tahap Pair
(Berpasangan)
l.
Setiap siswa berpasangan sesuai dengan yang sudah
ditentukan untuk mendiskusikan soal nomor 1 yang terdapat dalam LKPD
m.
Siswa berdiskusi aktif untuk mendapatkan
kesempurnaan jawaban
n. Setiap
kelompok melaporkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan
Tahap Share
(Berbagi)
o.
Salah satu kelompok yang dipilih secara acak oleh
guru mempresentasikan penyelesaian nomor 1
p.
Secara klasikal, siswa menanggapi dengan memberi
sanggahan atau pertanyaan kepada kelompok yang presentasi
q.
Kelompok yang mempunyai jawaban yang berbeda akan
mempresentasikan hasil diskusinya
r.
Guru bersama siswa membahas hasil diskusi kelas
|
(70 menit)
20 menit
15 menit
35 menit
|
·
Belajar individu (tahap
think)
·
Diskusi kelompok (tahap pair)
·
Diskusi kelas (tahap share)
|
3
|
Tahap penutup
·
Refleksi (kesan dan
respon siswa terhadap pembelajaran yang baru dialami serta tanggapan guru terhadap respon dan kesan siswa)
s.
Tanya jawab siswa jika
masih ada yang belum dipahami
|
10 menit
|
·
Refleksi
·
Tanya jawab
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian Proses: Aktifitas individual
dan keaktifan dalam kelompok
2.
Penilaian hasil: Tugas individu, Tugas
kelompok
Tana Toraja,................
Mahasiswa
BARTO
Comments
Post a Comment